0819 1555 0847
0812 2794 4404

Buka Praktek
06.30 - 22.00

(Spesialis Sewa Mobil Jogja)

6 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi Jika Berlibur ke Yogyakarta

6 Tempat wisata di Yogyakarta – Yogyakarta merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Tengah. Kota ini masih sangat menjaga tradisi yang sudah dilakukan secara turun temurun. Selain tradisi, Yogyakarta juga terkenal dengan banyak tempat wisata yang indah-indah. Sudah sejak lama Kota Yogyakarta terkenal dikalangan wisatawan lokal dan mancanegara, memiliki tempat-tempat wisata yang menarik. Berikut tempat wisata menarik yang dimiliki Yogyakarta :

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur secara letak berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Namun secara jarak tempuhnya, Borobudur lebih dekat dilalui dari Yogyakarta daripada ibu kota Propinsi Jawa Tengah, Semarang. Candi Borobudur merupakan tempat wisata yang menarik, dan pernah masuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Candi Budha terbesar ini sudah terkenal dikalangan wisatawan mancanegara, dan menjadi tujuan utama untuk menghabiskan waktu liburan.

Candi Borobudur

Dari Kota Yogyakarta, candi ini berjarak sekitar 40 KM. Banyak biksu dari segala penjuru yang mendatangi candi ini untuk berziarah, karena Candi Borobudur merupakan tempat yang suci bagi para umat Budha. Disini banyak ditemukan banyak relief, dan patung Budha paling banyak di dunia. Memasuki area candi, kamu akan diharuskan memakai sarung yang dipinjamkan di pintu masuk, dan harus dikembaikan kembai ketika keuar candi.

2. Candi Prambanan
Selain Candi Borobudur, tempat wisata candi di Yogyakarta yang juga sudah terkenal adalah Candi Prambanan. Berbeda dengan Candi Borobudur, candi ini merupakan Candi Hindhu terbesar di Indonesia. Banyak relief yang mengisahkan tentang cerita Ramayana dan Krishnayana, yang diukir keliling dan menghiasi candi.
Candi Prambanan

Lokasi tempat wisata di Yogyakarta yang menarik ini, sekitar 17 KM dari pusat Kota Yogyakarta. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini menggunakan kendaraan pribadi, atau menggunakan transportasi umum. Jika kamu ingin menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik bis dan turun di Halte Bus Prambanan. Dari sini lokasi candi tidak jauh, dan sangat mudah ditemukan karena letaknya berada dekat dengan jaan raya.

3. Keraton Yogyakarta
Ingin berwisata yang berbau sejarah ? Kunjungi saja Keraton Yogyakarta, yang merupakan sebuah bangunan bersejarah dari Kesultanan Yogayakarta, dan menjadi tempat tinggal bagi Sultan dan keluarganya. Berkunjung ke Keraton Yogyakarta, kamu bisa melihat bangunan kuno khas kerator, dan meihat koeksi barang-barang bersejarah milik Kesultanan Yogyakarta yang sebagian besar merupakan hadiah dari Bangsa Eropa.
Keraton Jogja

Bagi kamu yang sedang berlibur ke Yogyakarta dan ingin berkunjung ke Keraton, sebaiknya berkunjung pada waktu pagi hari. Karena Keraton Yogyakarta hanya buka mulai puku 08.00 sampai pukul 14.00 saja.

4. Jalan Malioboro
Jalan Malioboro merupakan nama sebuah jalan di Kota Yogyakarta, yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi. Tanpa berkunjung kesini, maka liburan kamu ke Yogyakarta berasa ada yang kurang. Nama Malioboro diambil dari Bahasa Sansekerta yang memiliki arti Karangan Bunga. Lalu apa yang membuat Jalan Malioboro istimewa ?

Jalan Malioboro / Sumber Foto: IG @rizalpray

Di Jalan Maliboro kamu bisa menikmati wisata belanja, dan wisata kuliner. Jika kamu berkunjung atau jalan-jalan kesini di siang hari, kamu bisa berwisata belanja dengan membeli beberapa oleh-oleh khas, seperti kalung, pakaian, kerajinan tangan, dan lainnya dengan harga yang murah. Sedangkan jika berkunjung di malam hari, kamu bisa menikmati wisata kuliner. Sangat banyak orang yang menjajakan makanan khas Yogyakarta. Satu lagi yang gak boleh dilewatkan jika berkunjung kesini, yaitu berfoto di papan penanda yang bertuliskan JL. MALIOBORO. Berfoto di papan penanda ini, kamu harus rela antri karena peminatnya sangat banyak.

5. Istana Air Taman Sari
Tempat wisata di Yogyakarta yang kelima dan patut kamu kunjungi, adalah Istana Air Taman Sari. Dahulu tempat wisata ini merupakan tempat rekreasi dan meditasi untuk keluarga Keraton Yogyakarta. Selain itu, tempat wisata ini juga digunakan sebagai benteng pertahanan. Tetapi sekarang Istana Air Taman Sari sudah menjadi tempat wisata umum dan sangat terkenal.

Istana Taman Sari / Sumber Foto : @brigiv

Harga untuk tiket masuk wisata ini, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000 saja. Kamu bisa menikmati udara yang sejuk, berendam di kolam-kolam buatan, dan menikmati harumnya bunga yang berada disitu. Letaknya berada di Jalan Taman, Yogyakarta tidak terlalu jauh dari Keraton Yogyakarta, hanya sekitar 15 menit dari Alun-alun Utara Keraton.

6. Museum Sisa Hartaku
Masih ingat dengan kejadian erupsi Gunung Merapi tahun 2010 ? Bencana alam yang menyerang Kota Yogyakarta, tepatnya daerah Sleman. Nah buat kamu yang ingin melihat atau flashback kejadian erupsi tahun 2010 itu, kamu bisa berkunjung ke Desa Kepuharjo, Sleman, Yogyakarta. Kunjungi Museum Sisa Hartaku.
Museum Sisa Hartaku merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang masih terbilang baru, dan wajib untuk disinggahi. Disini kamu bisa melihat koleksi bangkai sepeda motor, gamelan yang terbakar, bangkai hewan sapi, dan koleksi lainnya.

Museum Sisa Hartaku Merapi / Sumber Foto: IG @dhay_dee

Nah itulah 6 tempat wisata di Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi, karena memiliki keindahan yang menakjubkan. So ayo berlibur ke Yogyakarta, dan kunjungi salah satu tempat wisata diatas. Apabila Anda kesulitan mencari lokasi obyek wisata tersebut, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Jogja terpercaya. Selamat berlibur guys, semoga liburanmu menyenangkan dan mengasyikkan.

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847

0 comments:

Posting Komentar


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com